Wave Harbour, Ombak cantik di timur Pangandaran yang mungkin akan tinggal kenangan.

Wave Harbour, Ombak cantik di timur pangandaran lengkungan samudra yang bernuansa nyiur melambai di tepi pantai

Surfbay Wave Harbour, Pantai Timur Pangandaran

Pantai yang terletak di kawasan pesisir pantai selatan jawa dan masuk dalam kawasan pantai timur pangandaran ini memiliki keunikan tersendiri bagi para pehobi pemain papan selancar. tepatnya berada di Desa Babakan kecamatan Pangandaran.

Dengan ketinggian ombak yang mencapai 4-6 meter sangat cocok bagi pemain surfing pemula atau yang sudah professional. Dahulu tempai ini bernama muara cikidang yaitu tempat bertemunya arus air laut dari dua sungai, sungai cikidang dan sungai ciputrapinggan. 

Namun dengan terus berkembangnya jaman, muara ini sudah beralih fungsi menjadi pelabuhan perahu nelayan pangandaran. Dan di dekat pelabuhanitu terdapat bagian yang terhalangi oleh dinding pembatas laut dan pelabuhan, sehingga menimbulkan ombak yang bagus untuk bermain surfing. Dengangaris pantai yang melengkung dan berhadapan langsung dengan samudra hindia, ombak dipantai ini memang tergolong besar dan tinggi, karena kontur pantai yang landai dan pasir bukan karang jadi sejauh ini sangat aman untuk melakukan olahraga extrim seperti surfing di area ini.



Sudah beberapa kali pantai ini dijadikan sebagai tempat untuk pertandingan surfing skala lokal, Menurut mono salah satu pemain surfing di kawasan Wave harbour setiap pagi atau sore hari banyak anak-anak muda bermain surfing, kadang beberapa turis dari mancanegara-pun penasaran dengan ombak  wave harbour.

“ Karena ombak disini tinggi dan dekat dengan pelabuhan jadi orang orang yang hobi bermain surfing menamainya Wave Harbour/ ombak pelabuhan” katanya dengan sangat antusias.

“ Disini (wave Harbour) para pemain pemula dapat banyak belajar bermain surfing dengan baik karena banyak terdapat titik point yang dapat menambah keahlian untuk memainkan papan seluncur di atas gelombang”. lanjut mono sambil membenarkan papan seluncurnya untuk digunakan bermain surfing.

Mono,Pemain Surfing di kawasan Wave Harbour


Dan menurut informasi tempat ini akan segera dibangun seaworld, dan kemungkinan besar area surfing ini akan kena dampaknya. Menurut para pemain surfing di pantai timur, berharap jikapun benar dengan akan dibangunya sea world di kawasan tersebut, setidaknya tidak menutup area surfing ini, karena selain sebagai tempat olahraga masyarakat tempat ini juga menjadi tujuan wisata bagi para pemain surfing.

0 komentar:

Post a Comment

Pages