Pemandangan Kabel Listrik PLN yang mengerikan di sudut kota Jakarta .

Jakarta dan  kabel yang menggangu pemandangan

Sebagai kota besar dan ibu kota Negara tentunya Jakarta seharusnya memiliki tata kota yang lebih baik dari kota-kota lainya di Indonesia , namun sepertinya jakarta masih belum berubah dan tata kotanya masih berantakan. Dari segi taman dan beberapa memang sudah banyak perubahan namun ada hal yang sepertinya memang luput dari perhatian pemerintah setempat.

Selain kemacetan, Banjir, PKL (Pedagang Kaki Lima), Sampah dan lain sebagainya, salah satu yang kurang diperhatikan keberadaanya adalah kabel PLN, lihat saja di beberapa sudut kota jakarta, kabel jaringan listrik  PLN, Telkom dan kabel-kabel lainya  saling tumpang tindih melilit satu sama lain. 

Pemandangan seperti itu kurang enak dilihat, mengurangi keindahan dan tata ruang kota yang seharusnya rapih.

Selain merusak pemandangan hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kebakaran karena konslet. Mungkinkah kedepanya untuk kabel-kabel yang bergelantungan dan saling meililit di sudut jakarta akan  di benahi lagi agar menciptakan tata ruang dan pemandangan yang lebih enak dilihat dan mengurangi resiko terjadinya kebakaran.

Memang tidak gampang untuk melakukan itu semua tapi sebaiknya dilakukan secara bertahap, bukan malah menambah beban kabel lagi yang menggantung di tiang listrik, sesekali perhatikan disekitar anda, ada berapa kabel listrik yang melintang dalam satu tiang listrik?


Penampakan Kabel PLN yang semrawut dan mengerikan


Memang terlihat biasa saja bagi yang terbiasa melihat pemandangan tersebut, Akan tetapi itu adalah salah satu yang mempengaruhi keindahan sebuah kota. Jakarta yang sudah tumbuh pesat menjadi kota metropolitan dan dengan berbagai masalahnya, yang menjadi tujuan berbagai kalangan baik dari dalam maupun luar negeri. Tapi jika kota jakarta yang merupakan wajah dari Negara Indonesia saja masih terlihat seperti itu,kumuh dan berantakan, bagaimana pandangan masyarakat luar tentang Indonesia.

Hal sekecil itu saja masih dapat ditemukan dan mengganggu kenyamanan Ibu kota. Kota-kota besar di dunia sudah mengaplikasikan kabel bawah tanah. Untuk menciptakan tata kota yang apik, dan maksimal kabel dalam satu tiang listrik adalah satu kabel. Di Indonesia bisa anda lihat sendiri, bisa sampai 15- 20 helai kabel menggantung dalam satu tiang.


Kabel PLN di daerah Mampang , Jakarta Selatan.

Pemandangan kabel listrik yang semrawut itu sangat mengerikan, pembenahan dan aturan tentang pemasangan jaringan kabel sebaiknya perlu di evaluasi oleh pemerintah daerah dan pusat. Karena sepertinya bukan hanya kabel PLN dan Telpon tapi berbagai Kabel dari jaringan Perusahaan lain yang ikut menumpang dalam  jaringan Listrik PLN.





0 komentar:

Post a Comment

Pages