Apa itu Diacetyl ? bahayanya menghirup zat Diacetyl bagi Paru-paru manusia

Diacetyl (IUPAC nama sistematis: butanedione atau butana-2,3-dione) merupakan senyawa organik dengan rumus kimia (CH3CO) 2. Ini adalah / hijau cairan kuning mentega dengan rasa intens. Ini adalah diketon vicinal (dua kelompok C = O, side-by-side) dengan rumus C4H6O2 molekul. Diacetyl terjadi secara alami dalam minuman beralkohol dan ditambahkan ke beberapa makanan untuk memberikan rasa mentega.

Bahan kimia seperti diacetyl umumnya ditemukan di 'custard' / saus rasa makanan. Walaupun memang tidak jauh beda untuk bahan kue namun penggunaan yang berbeda mungkin akan berakibat berbeda pula bagi kesehatan tubuh kita. Dengan menghirup selama jangka waktu yang dapat menyebabkan 'popcorn lung/Bronchiolitis Obliterans' . Popcorn Lung /kanker paru adalah penyakit yang di dunia medis dikenal juga sebagai Bronchiolitis Obliterans, suatu penyakit langka disebabkan oleh tertutupnya lubang-lubang udara di paru-paru dan diikuti pembengkakan dan terbentuknya jaringan parut. Gejalanya adalah pasien merasakan kehabisan nafas.




Diacetyl  Senyawa Kimia

Rumus: C4H6O2

Kepadatan: 990 kg/m³

Massa molar: 86,0892 g/mol

Titik didih: 88°C



Dalam rokok biasa juga terdapat diacetyl, namun kandunganya  dalam jumlah kecil atau hampir tidak ada, walau di rokoknya sendiri terkandung diacetyl , berbeda pada cairan liquid untuk e-rokok. mengapa begitu? Karena rokok dibakar, sedangkan eliquid diuapkan, sedangkan di eliquid, jumlah diacetyl jauh diatas ambang batas yang diijinkan. Seberapa jauhnya? 240x lebih banyak.

Bahayanya  Diacetyl

Sejarahnya dimulai tahun 2000, yaitu saat diketahui 8 orang pekerja pabrik Gilster-Mary Lee di kota Jasper, Missouri, USA mengidap Bronchiolitis Obliterans. Setelah kejadian diliput oleh media, kemudian masyarakat menyebut penyakit ini Popcorn Lung.

Missouri Department of Health kemudian memanggil balai independen NIOSH untuk melakukan penyelidikan menyeluruh atas kejadian ini. Kemudian diketahui bahwa penyebabnya disebabkan pekerja banyak menghirup uap yang mengandung Diacetyl. Diacetyl sendiri diketahui sebagai larutan zat perasa yang dipakai untuk memperkuat rasa mentega (butter) dan cream.

Pabrik e-liquid besar di Amerika yang telah mengikuti standar FDA sudah mengumumkan formulasi e-liquidnya dan menghindari beberapa jenis zat perasa custard yang dulu sering dipakai untuk menguatkan rasa Cream dan Butter. Selain itu, ada cara dan komposisi tertentu yang harus dilakukan dalam penentuan rasio PG:VG.



0 komentar:

Post a Comment

Pages