Media sosial apa saja yang menjadi trend Social Media Marketing tahun 2017.

Trend social media marketing 2017.

sumber gambar. google_capture


Saat ini trend pemsaran terus berkembang setiap saat, dan media social menjadi media atau alat yang banyak digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa sebuah perusahaan. Selain untuk mempromosikan produk dan jasa social media juga digunakan untuk memperkenalkan tempat tempat menarik yang memiliki nilai ekonomis dalam kepariwisataan, atau apapun yang berkaitan dengan kegiatan promosi, baik pribadi atau bersifat public.

Banyak sekali sosial media yang saat ini dapat digunakan untuk mempromosikan produk, namun ada beberapa sosial media yang memang sedang trend digunakan untuk pemasaran. Diantaranya adalah Youtube, instagram, Blog, twitter, facebook,  Line dan BBM Channel (Blackberry Messenger).

BACA JUGA: APA ITU BUZZER SOCIAL MEDIA

Youtube

Dalam media sosial,  youtube lebih dikenal sebagai social media berbagi video yang sudah trend sejak tahun 2005. Sebelumnya banyak produkdari sebuah perusahaan yang dibuat video dan di unggah melalui youtube, namun dengan adanya kebijakan dari youtbue untuk video yang berupa iklan diwajibkan untuk membayar kepada youtube. Berbeda dengan video film pendek dan video buatan pribadi pengguna youtube atau lebih dikenal dengan youtuber,tidak dikenakan biaya. Akan tetapi sebaliknya jika video tersebut memilki subscriber dan viewer banyak youtuber tersebut berpotensi menghasilkan rupiah yang tidak dapat dianggap remeh.

Youtuber adalah pengguna youtube yang memosting video dalam aplikasi social media youtube, dimana saat ini youtuber merupakan media yang banyak di cari marketing untuk menjadikan suatu produk menjadi di kenal oleh masyarakat luas.

Youtuber tersebut membuat video yang menarik, kreatif dan unik sehingga ketika video tersebut di upload dan ditonton oleh banyak orang, youtuber tersebut memilki nilai tersendiri bagi sebuah perusahaan menggunakan jasanya untuk mengendorse produk nya.

Dalam menjadi youtuber sangat dibutuhkan kreatifitas tinggi dan ide brillian, untuk menghasilkan karya video yang akan ditonton banyak orang. Jadi youtube dan para youtubernya dapat dipertimbangkan untuk menjadi salah satu strategy marketing perusahaan anda.

Instagram

Media social yang satu ini memang merupakan media social jenis microblog. Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut. Pesan-pesan ini dapat dikirim melalui berbagai cara yaitu melalui SMS (Short Message Service), pesaninstan, surat elektronik, digital audio atau web. Yang membedakan mikroblog dengan blog lainnya adalah mikroblog memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran blog sebenarnya. Akan tetapi tujuannya tetap sama yaitu pengguna menulis topik tertentu. Pengguna mikroblog juga dapat memberikan komentar kepada teks pembaharuan yang dibuat oleh pengguna lain dan begitu juga sebaliknya. Layanan ini dapat di unduh secara gratis. Tidak ada kriteria-kriteria khusus untuk menggunakan layanan ini, semua orang di seluruh dunia dapat melakukan aktivitas menulis teks pembaharuan singkat dengan fasilitas yang diberikan oleh mikroblog. Mikroblog telah mengalami perkembangan dan menyediakan banyak fasilitas yang bisa pengguna manfaatkan. Layanan ini memiliki banyak macam berikut kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pilihan bagi pengguna. Sumber_(Wikipedia_bahasa_indonesia)

Instagram sendiri dapat digunakan untuk berbagi  video dan foto tulisan, dimana pemilik akun yang memiliki followers atau pengikut banyak tentunya akan membuat apa yang di posting oleh pemilik akun tersebut menjadi bahan referensi untuk pengikutnya. Dan banyak pemilik akun instagram yang menggunakan akun tersebut untuk mempromosikan produknya atau sekedar memposting kegiatan pribadi. Saat ini banyak dikenal dengan artis instagram yang fenomenal dan banyak digunakan perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Dan hal tersebut cukup efektif untuk menarik minat masyarakat mengetahui lebih lanjut dengan produk yang digunakan following-nya. Kita dapat melihat sendiri pemilik akun-akun yang sudah memiliki banyak followers tentunya mereka sesekali memposting suatu produk dari perusahaan untuk dipromosikan.

Instagram lebih simple dan muah digunakan dan viewernya juga beragam karena tanpa harus mengikuti akun tersebut kita juga masih dapat melihat postingan mereka dengan catatan akun tersebut tidak diprotek oleh si pemilik account. Jadi untuk yang berminat menjadi artis instagram atau menggunakan jasa artis instagram saat ini harus lebih rajin memantau akun-akun yang potensial untuk digunakan dalam strategi pemasaran menggunakan social media.

Blog

Blog  merupakan website pribadi yang digunakan untuk menulis sesuatu yang informative atau sekedar cerita dari pemilik blog tersebut, nah pemilik blog itulah disebut blogger, dimana saat ini blog kembali menjadi salah satu media social berbagi informasi yang cukup detail untuk mempromosikan sebuah produk. Banyak dari blog pribadi yang memiliki banyak  pembaca dan viewers, di dalamnya terdapat iklan pada tampilan halaman blog. iklan tersebut merupakan  bentuk promosi yang cukup ampuh untuk menarik pembaca blog mengenal lebih lanjut apa yang di iklankan dalam blog. Dan jika iklan tersebut di klik berarti kecenderungan pembaca akan produk yang diiklankan cukup menjanjikan pembaca terpengaruh dengan iklan dalam blog. Sehingga para pelaku pemasaran berupaya memanfaatkan blog untuk melakukan promosi yang sesuai dengan apa yang akan mereka tawarkan kepada konsumenya.

BBM Channel

sumber gambar. google images capture/id.blackberry.com/bbm)

Pernah kah anda memperhatikan aplikasi BBM anda, dalam aplikasi tersebut kita akan melihat iklan yang muncul dalam update status pengguna BBM, iklan yang muncul dalam BBM berupa pop up yang sangat menarik tampilanya, dan disana orang akan mencoba mencari tahu lebih jauh apa yang sedang mereka lihat dalam iklan yang tampil. Iklan tersebut kebanyakan berupa berita atau produk dari perusahaan e-commerce yang menawarkan produknya melalui media BBM.

Bagikan apa yang sedang Anda kerjakan, BBM™ Channel memungkinkan merek Anda untuk menargetkan, menjangkau, dan ditemukan dengan mudah oleh banyak pengguna IM paling aktif di BlackBerry®, iPhone®, dan Android™. Berkat BBM Channel Anda, brand Anda dapat selalu berkomunikasi dengan audiens seluler yang selalu aktif melalui pembaruan langsung, konten yang lengkap, dan penawaran sesuai waktu. Posting pesan yang bertarget hingga 400 karakter, serta tambahkan gambar dan tautan seketika. Lihat bagaimana orang yang terlibat dalam pesan Anda dengan fitur Baca, Suka, dan Komentar. Sumber_ http://id.blackberry.com/bbm

Facebook

Aplikasi social media yang sangat fenomenal dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia ini memang tidak dapat di elakan alagi sebagai sarana berkomunikasi yang tetap eksis, walau sempat mengalami penurunan peminatnya, namun facebook tidak dapat dianggap sebelah mata.
Facebook dapat digunakan untuk beriklan karena penggunanya universal, dan jangkauan facebook sangat luas. Karena dapat diakses melaui computer atau smartphone dan handphone yang sudah memilki akses browser. Ya facebook masih masuk dalam daftar untuk media social yang digunakan untuk strategi promosi.

Jika Anda mengembangkan branding untuk diri Anda sendiri, Facebook Page menjadi hal penting, selain akun personal Anda. Itu karena facebook page tidak memiliki batasan jumlah fans. Alasan selajutnya karena page memiliki Facebook Insights yang memungkinkan Anda untuk melakukan analisis demografi  dan analisis kinerja page Anda dengan audiens.

Line
Line aplikasi sosial media yang terus berkembang, dan mengikuti penggunanya, dimana saat ini line memilki micro blog nya untuk dapat digunakan sebagai iklan. Line sangat active dalam pengembangan aplikasinya agar dapat digunakan dalam lini masa dan pemasaran yang relevan. Dan pengguna line pun menikmati fasilitas dari aplikasi tersebut.

Dalam line terdapat Line@. Berkomunikasi dengan mudah menggunakan LINE@
sumber gambar. _Line@


Meskipun LINE dirancang untuk komunikasi dengan keluarga dan teman dekat, namun akun LINE@ memungkinkan Anda menjangkau khalayak yang lebih luas dan memanfaatkan LINE untuk bisnis. Jadikan “teman” untuk mendekatkan hubungan Anda dengan pelanggan dan penggemar. Posting pengumuman ringkas di Timeline. Fitur Beranda juga tersedia di LINE. Berbagi momen dari aktivitas bisnis atau merek Anda sehari-hari dengan pelanggan dan penggemar. Sumber_(Line@)

Pada dasarnya Line@ sama dengan blog namun Line@ dikembangkan sendiri oleh line, dan untuk dapat mengakses Line @ harus menggunakan akun line yang anda miliki.


Twitter

sumber gambar. google_capture/_twitter.com

Menargetkan pelanggan potensial, Bagi pesan Anda dengan orang-orang yang ingin mencapai sebagian besar dengan menargetkan mereka kepentingan tertentu, demografi, atau aktivitas di Twitter. Memperkuat dari mulut ke mulut, Tumbuhkan berikut orang-orang yang berbicara tentang bisnis Anda, merekomendasikan produk atau jasa, dan berbagi update Anda dengan masyarakat mereka sendiri. Membayar untuk apa yang Anda inginkan Anda hanya ditagih ketika seseorang selesai melakukan tindakan terhubung ke tujuan kampanye Anda, seperti mengunjungi situs Anda atau men-download aplikasi Anda. Sumber­_(Twitter.com). twitter cocok untuk mempromosikan perusahaan anda atau lebih kepada public relation perusahaan dan kampanye perusahaan.

Karena pada tahun 2017 diprediksi penggunaan social media sebagai strategi marketing akan lebih luas cakupannya, Sehingga mau tidak mau para pelaku pasar harus mampu memahami trend yang terus berkembang. Namun perlu diperhatikan juga karena media sosila tersebut memiliki fungsi tersendiri sehingga perlu pilihan yang cermat untuk menggunakan social media yang mana yang sesuai dengan produk dan target market dari produk yang akan dipromosikan oleh perusahaan.

0 komentar:

Post a Comment

Pages