Ini pisangku, Mana pisangmu ? Pisang yang bikin kita Bahagia.

Makan pisang tenyata bisa bikin Bahagia, apa iya ?


google docs


Pisang merupakan buah tropis yang menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya manis, pisang juga kaya vitamin dan mineral, bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Mengingat kandungan nutrisinya yang kaya, ada baiknya Anda memasukkan buah ini ke dalam daftar buah yang wajib dikonsumsi setiap hari. Buah tropis ini tumbuh sepanjang tahun.

Potasium. Buah ini sangat terkenal akan kandungan potasiumnya. Dengan kadar potasium mencapai 400 mg dalam pisang berukuran sedang,  buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium dalam pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot setelah olahraga. Salah satu manfaat pisang adalah fungsi system kardiovaskular hal ini disebabkan karena kandungan Zat potasium buah pisang sangat tinggi. Potasium adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal dan berfungsi baik. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 400 mg potasium. Mengkonsumsinya secara teratur dapat mencegah tekanan darah tinggi dan melindungi tubuh dari aterosklerosis.

Manfaat pisang adalah merangsang kinerja syaraf. Rajin mengkonsumsi pisang berkhasiat menenagkan system syaraf, hal ini karena kandungan vitamin B buah pisang sangat banyak. Dan kadar kalium yang tinggi, konsumsi pisang meningkatkan kekuatan otak. Studi yang dilakukan siswa sekolah Twickenham di ingris, menunjukan bahwa siswa yang mengkonsumsi pisang saat sarapan dan makan siang , meningkatkan kemampuan belajar mereka dan terbantu dalam ujian mereka. Manfaat buah pisang ternyata luar biasa, yaitu dapat member rasa tenang dan rileks. Survey terbaru yang dilakukan oleh MIND diantara pasien depresi menunjukan bahwa makan pisang setiap hari membuat pasien lebih tenang.

Pisang diketahui mengandung Tryptophan, sejenis protein yang di dalam tubuh manusia menjadi serotonim ( hormone kebahagiaan), yang membuat tubuh jadi rileks, meningkatkan Mood dan secara umum membuat kita bahagia.

Vitamin C. Sebagaimana buah lainnya, pisang juga kaya akan vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian. Buah pisang memiliki rasa manis karena mengandung sekitar 15 gram gula, pisang sangat aman dikonsumsi karena indeks glikemik (GI) yang sangat rendah. Indeks Glikemik adalah parameter untuk mengukur seberapa cepat karbohodrat makanan diserap oleh tubuh.

Vitamin B6. Vitamin B biasanya ditemukan pada produk hewani, tetapi pisang ternyata juga merupakan sumber vitamin B6 yang disebut pyridoxine. Satu buah pisang menyediakan 35 persen dari rekomendasi vitamin B6 harian. Tubuh menggunakan vitamin ini untuk menumbuhkan sel-sel baru.

Mangan. Mangan adalah mineral yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat dan metabolisme. Satu buabhpisang mengandung 3 mg mangan.

Serat. Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain menyehatkan saluran cerna, serat juga kita butuhkan untuk menjaga perut terasa kenyang lebih lama. Serat (fiber) dalam buah pisang terbukti sangat tinggi sekitar 3 gram, dan seperti diketahui serat adalah salah satu nutrisi yang membantu fungsi pencernaan bekerja optimal, buah pisang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami maslaah dalam pencernaan. Jumlah serat buah pisang dua kali lipat dibandingkan apel, kandungan serat pada buah pisang akan mengikat lemak dan mencegah terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah.

Karbohidrat. Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Makanlah pisang setelah berolahraga untuk mengembalikan energi. Sebuah pisang setelah sarapan juga direkomendasikan untuk menjaga pasokan energi tetap bertahan sampai waktu makan siang tanpa camilan. Kalori. Dengan mengasup sebuah pisang, Anda bisa memuaskan keinginan makan sesuatu yang manis tanpa merusak diet. Satu buah pisang rata-rata mengandung 110 kalori. Lemak dan kolesterol. Pisang merupakan buah yang bebas lemak dan kolesterol.

Mudah dicerna. Pisang sangat mudah dicerna. Saat Anda sedang menderita penyakit virus atau gangguan pencernaan, pisang sangat cocok sebagai sumber nutrisi tanpa membuat pencernaan bekerja terlalu keras. Pisang yang dilumatkan juga sering dipakai sebagai makanan padat yang diperkenalkan pada bayi.

Buah pisang sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang menjaga berat tubuhnya ideal, buah pisang dapat dijadikan makanan pengganti saat diet, karena buah pisang mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi jadi dapat member rasa kenyang yang cukup lama.

Nutrisi lain. Ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam pisang, meski jumlahnya kecil, yakni magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A dan E, folat, karoten, serta asam amino.

1 comment:

Pages