Indonesia Internet Expo & Summit 2016(IIXS). Pestanya penyedia jasa layanan berbasis internet Indonesia

google docs






Informasi dan komunikasi memang jadi salah satu kebutuhan utama saat ini, apalagi laju perkembangan pengguna Internet pun semakin pesat. Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) pun berusaha mengakomodasi para pelaku jasa dan stakeholder Internet di Indonesia.

IIXS (Indonesia Internet Expo & Summit) 2016 diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan diorganisir oleh Sumconvex. Event ini didukung juga oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, BeKRAF, Mastel, Digicoop, Smesco Indonesia, Indonesia Cyber Security Forum, dan Asosiasi Big Data Indonesia.

IIXS 2016 adalah pameran yang wajib perusahaan anda ikuti, karena akan dikunjungi kurang lebih 15,000 pengunjung selama 3 (tiga) hari event dan pengunjungnya antara lain; G2G/Regulators, B2B/Traders, B2C/Enterprise & Home Users.

Laju perkembangan internet yang sudah mencapai lebih dari 100 juta penduduk Indonesia merupakan salah satu buktinya, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)  yang selama ini mengakomodasi pelaku jasa dan stakeholder internet di Indonesia telah berdiri sejak 15 Mei 1996.

APJII memfasilitasi anggotanya dengan menyediakan jasa berbasis teknologi internet yang berkualitas bagi masyarakat dan membantu memasyarakatkan internet dalam menunjang pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

Dalam rangka memperingati 20 tahun APJII, serta melihat potensi dan peluang atas pertumbuhan konten internet di Indonesia saat ini, maka APJII akan mulai  menyelenggarakan pameran  tahunan khusus untuk industri internet yang pertama diadakan di Indonesia yang event nya akan dinamakan Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2016 yang akan diadakan pada 22-24 November 2016 di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta mulai dari pukul 10.00 – 21.00 WIB.


Acara ini akan menghadirkan berbagai pelaku di bidang telekomunikasi dan IT dengan menyajikan pameran, konferensi/summit, launching dan demonstrasi produk. menghadirkan berbagai pelaku di bidang telekomunikasi dan IT dengan menyajikan pameran, konferensi, peluncuran dan demonstrasi produk. Tujuannya, membuka kesempatan bagi para pengunjung dan pelaku industri bertemu langsung, serta menjalin jejaring satu sama lain. Acara ini juga ditujukan sebagai wadah untuk para pelaku bisnis telekomunikasi dan digital, meningkatkan perfoma dan memperluas ranah Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).

Dengan tujuan untuk membuka kesempatan bagi para pengunjung dan pelaku industri untuk bertemu muka dan menjalin network baru, acara ini juga ditujukan sebagai wadah untuk para pelaku bisnis telekomunikasi dan digital untuk meningkatkan performa serta untuk  memperluas ranah Business to Business (B to B) dan juga Business to Consumer (B to C).


Pameran akan diikuti oleh anggota dan non-anggota APJII, yang keseluruhannya terdiri dari Internet Service Provider (ISP), perusahaan penyedia teknologi (vendor), application development, cloud service, connectivity modules, data center, data analytics, mobile solutions, M2M systems & platforms, system integration network management, platform solutions, banking (mobile banking and payment gateway), perusahaan telekomunikasi dan yang lainnya.

Berbagai Forum dan Gathering yang berkaitan dengan Industri Internet juga akan dilaksanakan bersamaan dengan event IIXS pada bulan November 2016.

Pengunjung juga dapat mengikuti dan menyaksikan sejumlah workshop & sharing session dari komunitas filmmaker, game developers, makerspace, IoT/robotics, Liga Digital, Hackaton (apps & software developers) dan para startup digital serta panggung hiburan dari para artis yang besar melalui Internet.

Selain kegiatan di atas, IIXS 2016 yang diorganisir oleh Sumconvex ini juga merupakan IT/Telco Career Day, yang merupakan rekrutmen tenaga kerja khusus di bidang IT dan Telekomunikasi.

Kehadiran startup lokal yang semakin besar, membuat APJII tidak hanya mengurus ISP semata. Mereka pun semakin membuka diri untuk startup-startup lokal, dan memberikan tempat bagi konten lokal dalam acara IIXS 2016 mendatang.


“Kami saat ini tidak lagi mengurus ISP saja. Karena sekarang kami membuka diri terhadap konten lokal. Kami mendukung sekali startup lokal yang ada,” kata Henry Kasyfi Soemartono, Sekretaris Jenderal APJII, dalam konferensi pers IIXS 2016.

Dukungan APJII lainnya berupa infrastruktur dan modal bagi startup yang ingin membangun jaringan atau aplikasi di Indonesia. “Kami memiliki program yang mendukung konten lokal untuk berkembang. Maka dari itu, sudah kami siapkan fasilitas berupa bandwidth, Internet dan cloud bagi anak muda yang ingin membangun startup atau konten lokal,” ujar Henry.

Kehadiran exchange atau interkoneksi akan membantu dalam menyebarkan aplikasi atau konten lokal tersebut. “Karena kami memiliki interkoneksi yang sudah tersambung ke daerah-daerah,” tukas Jamalul Izza, Ketua Umum APJII.



0 komentar:

Post a Comment

Pages