Edamame,Cemilan sehat. Kedelai hijau dari jepang yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan.



 Kacang kedelai yang kaya akan nutrisi dan enak untuk cemilan.



Kacang kedelai rebus sering dianggap makanan murahan. Dan dijajakan di pinggir Jalan atau di jajakan dari rumah ke rumah oleh penjualnya jika dikampung-kampung. Padahal, kedelai merupakan sumber protein, lemak, serat, dan antioksidan terbaik. Karena persepsi masyarakat akan kedelai itu sebagai makanan pengganti dan murah. Mereka menganggap kedelai adalah makanan yang biasa saja.

Edamame merupakan nama jepang, Secara harfiah berarti, "batang kacang" (eda = "cabang" atau "batang" + mame = "bean"), karena kacang sering dijual saat masih melekat batang. Dan direbus dengan diikat menjadi satu dengan batangnya.

istilah "edamame" berasal dari tahun 1275, ketika biksu Jepang Nichiren menulis catatan berterima kasih kepada jemaat untuk karunia "edamame" ia telah meninggalkan di kuil.

Dalam 1406 selama Dinasti Ming di Cina, daun kedelai dimakan dan selama wabah kelaparan, dianjurkan bagi warga untuk makan kacang keseluruhan atau menggunakannya ditambahkan ke dalam tepung. Bertahun-tahun kemudian di Cina pada tahun 1620 mereka disebut lagi, tapi sebagai Maodou, yang diterjemahkan dengan istilah "kacang berbulu".

Mereka pertama kali diakui di Amerika Serikat pada tahun 1855 ketika seorang petani mengomentari kesulitan yang ia menembaki mereka setelah panen. Pada bulan Maret 1923, kacang kedelai yang belum matang pertama disebut dalam teks di Amerika Serikat. Dalam buku ini mereka pertama kali digambarkan dan ditampilkan sebagai dimakan dari jenis  polong terbuka . Fakta gizi pertama tentang mereka diterbitkan dan beberapa resep disertakan karena mereka tipe baru sayuran untuk umum. yang dicatat penggunaan awal di Inggris dari kata edamame  adalah pada tahun 1951 dalam jurnal Folklore Studies.

Seiring meningkatkan pengetahuan gizi masyarakat, kini kedelai kembali naik daun. Terlebih lagi sejak kepopuleran edamame (kedelai Jepang) sebagai camilan. Edamame dipanen ketika kedelai ini baru 80 persen matang. Yang membedakan edamame dengan kedelai lain adalah bijinya lebih besar, teksturnya halus, rasanya lebih manis, dan lebih mudah dicerna kulitnya yang hijau segar membuat kacang kedelai jenis ini sangat bagus dan segar saat dihidangkan. Berbeda denga kacang kedelai di Indonesia yang lebih kecil dan berwarna kuning serta tekstur bijinya yang lebih keras. Kedelai di Indonesia sendiri lebih banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan tempe, tahu, oncom dan tauco.

Pada tahun 2008, kedelai pertama tumbuh di Eropa untuk dijual di toko-toko kelontong sebagai edamame dan dimakan sebagai alternatif sumber protein. Edamame biasanya dipanen dengan tangan untuk menghindari kerusakan tanaman ini batang dan daun. Kacang hijau kedelai edamame dipetik sebelum mereka sepenuhnya matang, biasanya 35 sampai 40 hari setelah bunga pertama tanaman Kedelai dipanen pada tahap ini kacang edamame  lebih manis karena mengandung lebih sukrosa dari kedelai.

faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap rasa yang diinginkan edamame termasuk  bebasasam amino seperti asam glutamat, asam aspartat , dan alanin.

kacang Polong edamame  dapat direbus dalam air, dikukus, atau microwave. Bagian ujung polong kadang-kadang dipotong sebelum merebus atau mengukus. Dapat ditambahkan garam dan menaburinya setelah kacang edamame matang, atau masukan garam bersamaan saat kacang edamame di rebus.

Edamame mengandung antioksidan dan isoflavon yang baik bagi kesehatan dan tubuh kita apalagi bagi yang sedang dalam program diet edamame cocok untuk cemilan. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dikaitkan dengan penguatan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko kanker. Dan kacang-kacangan yang mengandung vitamin E juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

Isoflavon juga terbukti mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara, mencegah penyakit jantung menurunkan tekanan darah, dan mengurangi gangguan saat menopause.

Sementara itu, kandungan protein di dalam edamame mencapai 36 persen, jauh lebih tinggi dibanding kedelai matang. Panganan ini juga mengandung minyak yang rendah. Dikombinasikan dengan kandungan proteinnya yang tinggi, camilan ini sangat ideal untuk mereka yang ingin mencari panganan rendah lemak, tetapi tinggi protein.

Penganut vegetarian dan vegan yang ingin mengasup sumber protein juga disarankan mengonsumsi edamame karena kandungan proteinnya lengkap. Ini berarti ia mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

Edamame juga tidak mengandung kolesterol dan sedikit lemak jenuh. Panganan ini juga kaya vitamin C dan B. Kandungan lainnya adalah mineral penting seperti kalsium, zat besi, atau magnesium. Ia juga mengandung vitamin K dan asam folat.

Terakhir, menambahkan edamame dalam pola makan Anda akan meningkatkan asupan serat. Setengah cangkir edamame mengandung 4 gram serat. Kandungan serat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saluran cerna hingga menurun kolesterol Alasan lain untuk mengasup edamame adalah ia membuat perut terasa kenyang lebih lama.

The United States Departement of Agricultural menyatakan bahwa kacang edamame adalah, "kedelai yang dapat dimakan segar dan dikenal sebagai camilan dengan penuh gizi". Edamame dan kacang kedelai lainnya yang kaya Protein ,Serat makanan , dan Mikrobutrien , terutama folat , mangan , fosfor dan vitamin K . Keseimbangan asam lemak dalam 100 gram edamame adalah 361 mg asam lemak omegaz-3 ke 1794 mg omega-6 asam lemak . Sebagai sumber signifikan dari protein nabati, kacang edamame berada di bawah penelitian untuk menentukan apakah ada hubungan untuk konsumsi kedelai dengan penurunan risiko penyakit.

0 komentar:

Post a Comment

Pages