Pameran Bonsai Kabupaten Pangandaran 2017.

Pangandaran 28 Mei 2017. Paguyuban Penggemar Bonsai Indonesia atau yang  disingkat (PPBI) cabang pangandaran menggelar pameran bonsai tingkat Kabupaten Pangandaran yang telah dimulai sejak tanggal 24-30 Mei 2017 bertempat di halaman gedung TIC (Tourism Information Center).

Acara pamera yang sudah digelar sejak 4 hari yang lalu melibatkan seluruh anggota PPBI Pangandaran yang berjumlah sekitar 300 Anggota, sebagai pengisis acara pameran bonsai tersebut.

Pameran PPBI yang diketuai oleh Bpk. Gunawan Wijaya mengusung Bonsai sebagai Tanaman Mungil Bernilai seni tinggi.

Berbagai jenis tanaman bonsai dipamerkan disana, dan memiliki bentuk yang sangat unik juga membuat pengunjung betah berlama-lama melihat dan memperhatikan tanaman mungil tersebut, ada juga beberapa pengunjung yang mengabadikan keindahan tanaman bonsai tersebut melalui kamera telephone.

Pengunjung sedang mengabadikan tanaman bonsai melalui kamera ponsel miliknya.
Pengunjung yang datang tidak hanya datang dari dalam kota, ada beberapa pengunjung yang datang dari tasik, bandung, garut, dan beberapa kota kabupaten lainya.

Salah satu pengunjung yang juga sebagai  peserta pameran bonsai yang bernama Bapak Dedi, dari kabupaten pangandaran, menuturkan bahwa dirinya baru pertama kali mengikuti acara tersebut, karena memang pameran bonsai yang sebesar ini baru pertama kali di adakan di Kabupaten pangandaran.

Bapak Dedi sendiri mengikutsertakan dua tanaman bonsainya miliknya dalam pameran yang di gelar selama seminggu tersebut, karena kegemaranya merawat tanaman darai sanalah hobi memelihara tanaman bonsai berawal. Menurut Bapak  Dedi, criteria tanaman bonsai yang bagus adalah yang memiliki karakter sesuai alur pohon tersebut. tapi ketika ditanya karakter seperti apa yang masuk dalam penilaian pameran ini beliau  masih belum paham.” Karena saya baru dalam belajar membonsai jadi masih belum paham seperti apa karakter penilaian yang akan di lakukan di sini, saya Cuma ikut saja menjadi partisipan” tuturnya.

Pameran bonsai tersebut di buka dengan menggelar beberapa kelas berbeda yaitu kelas prospek mamee small dan large serta kelas Jadi mamee small dan large dan dipungut biaya pendaftaran berbeda untuk setiap kelasnya. Pemenang pameran nantinya akan di berikan penghargaan berupa sertifikat dan bendera yang akan menaikan nilai dari bonsai itu sendiri.

Beberapa tanaman yang menjadi favourite pebonsai adalah , seperti tanaman:
  • Mirten
  • Phusu batu
  • Boxus
  • Serut
  • Karet korea
  • Amplas pereng
  • Asam jawa

beberapa jenis tanaman bonsai yang dipamerkan di pameran tersebut.

Dan beberapa jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan bonsai yang memiliki karakter kuat sebagai karya seni yang bernilai tinggi lainya.

Nah untuk mengisi puasa kali ini tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pameran bonsai, sekalian ngabuburit dan jalan-jalan bersama teman atau saudara.


0 komentar:

Post a Comment

Pages