7 Tempat Wisata Baru dan Hitzs Di pangandaran

Apa saja yah kira-kira tujuh tempat wisata yang menjadi favorite tujuan wisatawan datang ke Pangandaran

Sejak dulu pangandaran identik dengan pantai cantiknya juga dengan green canyon-nya, juga hutan cagar alam yang memiliki pantai pasir putih di dalamnya. Pangandaran  adalah salah satu Kota kecil yang masuk dalam daftar jalur travelling dunia yaitu Lonely Planet, sehingga tidak heran jika di dunia travelling internasional kota ini masuk dalam daftar tampat yang wajib dikunjungi para traveller dunia yang berkunjung ke Indonesia.

Kota yang  letaknya dapat dikatakan terpencil, jauh dari pusat ibukota Negara juga ibukota provinsi. Membuat keindahan pantai pangandaran bak surga tersembunyi. letaknya yang berbatasan langsung dengan samudra hindia di sebalah selatan, dan jawa tengah di sebelah timur menjadikan kota pangandaran memiliki pantai yang luas, Garis pantainya yang memanjang dari barat ke timur membuat pantai pangandaran, menjadi salah satu destinasi favorit saat musim liburan tiba. wisatawan yang datang berwisata ke pantai pangandaran dapat melakukan aktivitas pantai dengan nyaman, voli pantai, sepak bola, berenang atau hanya sekedar berjemur dan bersantai menikmati suasana pantai.

Akan tetapi sebenarnya Kabupaten Pangandaran tidak hanya memiliki pantai yang indah saja, perlu diketahui oleh wisatawan, luas wilayah pangandaran yang membentang sepanjang pesisir selatan jawa barat dan meliputi perbukitan di sebelah utara yang berbatasan dengan Kab. Tasik, Ciamis, Garut dan banjar. Merupakan wilayah yang menyimpan potensi wisata yang dapat dikembangkan dan tidak kalah indah dengan tempat wisata lain di Indonesia.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata yang ada dipangandaran yang sedang hitz.

1. Pepedan hills



Pepedan Hill berlokasi di kampung pepedan desa selasari kec.Parigi kab.Pangandaran. Destinasi wisata pepedan hill dapat ditempuh dari pangandaran kurang lebih 1,3 jam ke arah cintaratu. Dalam perjalanan wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan alam yang begitu luar biasa.

Lokasinya yang cukup mudah ditempuh sangat memungkinkan untuk wisatwan yang berkunjung kepangandaran tidak melewatkan begitu saja wisata yang satu ini, dari atas bukit pepedan wisatawan dapat menikmati landscape bumi priangan timur dengan pesonanya yang memikat.

Pepedan hills merupakan bukit yang berada diantara perbukitan hijau yang ada dipangandaran, dengan letaknya yang berada di tengah perbukitan menjadikan pepedan hills sangat indah, sehingga rasanya wisatawan sedang berada di atas awan.
Pepedan hills terkenal dengan matahari terbit dan terbenamnya, biasanya bukit hanya menyajikan pemandangan sunrise atau matahari terbit, namun di pepedan hills wisatwan dapat menikmati keduanya.

Letaknya yang berada diatas ketinggian sebelah utara laut selatan jawa  dan kota pangandaran, menjadikan pepedan hills bukit menawan, dari sana  wisatawan dapat menikmati fajar di bukit sebelah timur yang muncul dari balik laut selatan dan perbukitan karts pulau jawa. Sedangkan untuk menikmati senja atau sunset wisatawan dapat menikmatinya di bukit sebelah barat, walaupun sebenarnya di kedua bukit itu memang dapat menyaksikan fenomena alam tersebut.

Selain sunset dan sunrise, dari puncak bukit wisatwan dapat menikmati hamparan sawah yang berada di kaki bukit, pemandangan tersebut seakan-akan membuat semua penat lelah kita hilang. Menikmati kesegaran alam bukit pepedan.

2. Jojogan pangandaran




Jojogan Pangandaran dalam bahasa setempat berarti air terjun. Jojogan waterfall merupakan air terjun yang sangat cantik, berada di lembah dibawah bukit jojogan, Menawarkan panorama alam yang memukau. Wisatawan dapat menikmati matahari tenggelam di bukit ini sambil menikmati secangkir teh atau kopi dengan bala-bala hangat.

Kawasan wisata jojogan yang baru mulai dibuka pada akhir tahun 2015. Jojogan kini menjadi tujuan wisata favorite baik bagi wisatawan local maupun wisatawan mancanegara. Karena lokasi dan spot wisatanya yang beragam, Fasilitas dikawasan ini sedang ditingkatkan, agar wiasatawan yang berkunjung merasa nyaman senang dan ingin kembali ke Jojogan.

Jojogan Pangandaran sendiri berada di kecamatan parigi tepatnya di desa selasari kabupaten Pangandaran. Kawasan ini lokasinya tidak berada jauh dari kawasan wisata citumang namun kawasan ini memiliki keunikan dan keindahan yang tidak kalah mengagumkanya. Selain bukit lembah dan gua alam,  kawasan Air terjun jojogan Kedepanya akan menjadi Kawasan Primadona. karena rencananya akan dibuka villa dan penginapan untuk penunjang kawasan wisata. Akses Jalan ke Jojogan sudah cukup baik dapat  di capai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

3. Santirah



Santirah merupakan nama aliran sungai di desa selasari kawasan wisata pangandaran. sungai yang mengalir dengan air jernih ini menjadi salah satu tujuan favorite backpacker yang ingin menikmati panorama alam, khususnya sungai dari sudut pandang yang berbeda. santirah sangat cocok yang bagi yang suka dengan pemandangan alam dan bebatuan. dan tantangan namun tidak terlalu menantang, karena aliran sungai yang tidak terlalu deras jadi dapat dijadikan  wisata alam yang berbasis keluarga. anak anak pun dapat beraktivitas dengan aman yang dipandu oleh pemandu wisata yang ramah dan berpengalaman.

Menyusuri sungai menggunakan ban sangat mengasikan apalagi pemandangan alam yang membentang sepanjang perjalanan tidak akan membosankan bahkan akan membuat anda betah berlama lama berendam di dalam air dan berkhayal. tentunya para traveller yang suka dengan alam dan tempat yang baru dan unik tidak akan melewatkan tempat indah ini yang asri dan memukau untuk dikunjungi.

Santirah sendiri lokasinya berdekatan dengan citumang yang lebih dulu menjadi objek wisata favorite. namun santirah memiliki keunikan tersendiri, tebing bebatuan yang sangat unik serta terowogan sungai yang merupakan goa alam sepanjang -+ 100m akan menjadi sensasi tersendiri menyusurinya dalam kegelapan. serta mata air terjun yang mengalir keluar dari celah bebatuan sangat menakjubkan sepanjang perjalanan ada sekitar 7 buah air terjun yang akan memanjakan mata. juga pepohonan rindang yang menjadi atap sungai menambah sejuk pemandangan.

4. Green canyon


Namanyan memang sekilas terdengar seperti daerah di wilayah Amerika Serikat, namun Green Canyon yang dimaksud di sini adalah Green Canyon yang berada di Indonesia tepatnya di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Aliran sungai dengan tebing karang yang ditumbuhi pepohonan membuat suasan rindang dan sejuk , airnya yang berwarna hijau tosca membuat siapa saja yang berwisata ke Green canyon akan terpukau.
Green Canyon merupakan tempat wisata andalan untuk kabupaten pangandaran selain pantainya yang indah dan mepesona.

Tiket masuk ke green canyon saat ini kurang lebih sekitar IDR 200.000 untuk satu perahu dengan jumlah wisatawan max-6 orang. Berbeda untuk wisata body rafting di green canyon harganya bervariasi namun untuk harga publish nya sekitar +- IDR 225.000 per orang minimal 5 orang untuk sekali aktivitas body rafting. Beberapa agen wisata memberikan harga berbeda untuk satu kali perjalanan body rafting tergantung panjang track body rafting itu sendiri.

Harga memang tidak membohongi, wisatawan yang sudah berkunjung ke green canyon pasti ingin kembali kesana.


5. Citumang




Merupakan salah satu objek wisata yang berada dikawasan wisata pangandaran, wisata citumang sendiri memiliki keunikan yang jarang ditemui di sungai lain di pangandaran.

Dengan hulu sungai berbentuk gua segi empat yang tercipta secara alami dan panjang sekitar 100 meter menembus gunung dan aliran sungai diatasnya. Sungai citumang berada di lembah hijau perbukitan dengan hutan milik pemerintah daerah, yang dikelola bersama warga masyarakat sekitar (Karang Taruna).

Untuk mencapai wisata citumang para wisatawan dapat melalui jalan raya yang sudah cukup baik untuk dilalui kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, papan penunjuk jalan disanapun sudah banyak dipasang dan sangat membantu untuk wisatawan. Dengan tarif masuk kawasan wisata Rp 19.000 untuk hari biasa dan Rp 24.000 untuk hari minggu dan libur nasional, data tersebut dapat berubah sesuai kebijakan dari pemerintah setempat.

Namun jika wisatwan yang ingin melakukan aktifitas air seperti body rafting dikenakan tariff sekitar RP 125.000 /orang. Dengan minimal 5 orang untuk body rafting. Nah pasti untuk yang hobi adventure tidak akan melewatkan begitu saja dengan yang satu ini.

6. Pantai karapyak Pangandaran


Pantai yang berada di wilayah desa Bagolo, kecamatan Kalipucang, kabupaten Pangandaran . selain memiliki pasir putih juga memiliki jenis pantai yang dapat dikatakan unik dengan pemandangan yang indah. Dari pantai karapyak, wisatawan dapat menikmati senja yang indah dan tenggelam perlahan di balik pulau cagar alam pangandaran dan kota wisata pangandaran disebelah barat dan wisatawan juga dapat menikmati pulau nusa kambangan yang sangat terkenal dengan penjaranya dari  pantai ini.

Pantai dengan pasir putih sepanjang pantai sejauh 2 km dan terumbu karang laut yang memecah ombak samudra hindia.

Pantai dengan jajaran pohon ketapang dan kelapa dan pemandangan bukit hijau tepi pantai membuat suasana pantai karapyak pangandaran sangat teduh dan cocok untuk berlibur bersama keluarga. Pantai ini disebut karapyak berasal dari bunyi bebatuan dan pasir pantai yang tersapu ombak dan berbunyi “pyak,Pyak,Pyak” sehingga masyarakat sekitar menyebutnya pantai karapyak.

Untuk menuju lokasi wisata pantai karapyak, wisatawan dari arah bandung dapat langsung mengambil jalur ke kiri arah desa bagolo dengan melihat papan petunjuk jalan yang sudah lengkap. Jarak dari pintu masuk jalan raya pangandaran-banjar menuju pantai karapyak kurang lebih sekitar  5 km atau jarak tempuh antara 20-30 menit.

Jalur menuju pantai karapyak sudah sangat baik, jalanan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain jalan yang sudah bagus di pantai karapyak juga sudah tersedia fasilitas penginapan dengan harga yang cukup terjangkau, juga warung warga yang menyediakan makanan dan minuman.

7. Air Terjun Weringis




Sawah terasering memang memiliki daya pikat sendiri untuk wisatawan, seperti pesawahan di bali yang sudah sangat dikenal oleh wisatawan baik dalam negeri maupun wisatawan mancaneraga, apalagi jika ditambah dengan keberadaan Air terjun yang diapit oleh lembah terasering tersebut, menambah kesan yang sungguh tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Lokasi nya yang berada di lembah perbukitan hijau, dan teras teras sawah yang berundak, menjadikan air terjun weringis memiliki panorama alam yang dapar memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung. Sekejap saja pikiran serta perasaan wisatawan akan merasa nyaman dan tenang, karena suasana pedesaan masih sangat terasa kental di sekitar wilayah air terjun.

Air terjun setinggi 25 meter tersebut memperlihatkan betapa kayanya alam pangandaran yang patut kita jaga dan kita kembangkan menjadi destinasi wisata unggulan.

Air terjun weringis dapat menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, namun pembenahan terhadap akses perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah, Air terjun weringis adalah asset berharga yang harus dikelola secara maksimal untuk warga masyarakatnya.

Untuk informasi air terjun ini belum dikelola sama sekali, baik oleh swasta, masyarakat ataupun pemerintah. Sehingga tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi wisata air terjun weringis tersebut. dan tidak ada pedagang yang berjualan disana jadi untuk wisatawan yang akan berkunjung di himbau agar membawa makanan dan minuman dari luar.

itulah beberapa informasi mengenai wisata di pangandaran yang sedang hitzs dan menjadi favorite setiap wisatawan yang datang berkunjung ke pangandaran.

0 komentar:

Post a Comment

Pages