Mengapa umat Islam mengikuti kalender lunar/bulan bukan kalender matahari?


Sesuai kalender matahari, setiap tahun bulan-bulan jatuh di musim yang sama di lokasi itu. Misalnya, bulan Maret, April dan Mei, di Pakistan akan selalu ada musim panas, sedangkan Juli, Agustus, September akan selalu ada musim hujan. November, Desember dan Januari akan selalu musim dingin.

Dalam kalender lunar/bulan di tahun yang berbeda bulan-bulan jatuh di musim yang berbeda.

Kalender lunar/bulan memiliki waktu sekitar 11 hari lebih sedikit daripada kalender matahari. Jadi, setiap tahun, bulan kalender lunar/bulan terjadi 11 hari sebelum apa yang terjadi pada tahun surya sebelumnya.

Dengan demikian, dalam rentang sekitar 33 tahun lunar/bulan, manusia akan mengalami semua musim yang berbeda selama satu bulan kalender lunar.

Hal ini sangat penting karena kegiatan tahunan seorang Muslim didasarkan pada kalender lunar. Bulan-bulan tertentu seperti Ramadhan dan Haji sangat penting bagi umat Islam. Selama bulan Ramadhan seorang Muslim harus berpuasa yang meliputi berpantang makan dan minum dari matahari terbit sampai terbenam.

Jika bulan-bulan Islam didasarkan pada kalender matahari di mana musimnya ditetapkan, maka orang-orang yang tinggal di belahan dunia tertentu akan memiliki bulan Ramadan di musim panas sementara di belahan dunia lainnya akan musim dingin. Beberapa Muslim harus berpuasa untuk jangka waktu yang lebih lama dimana hari-harinya panjang sementara umat Islam lainnya harus berpuasa untuk jangka waktu yang lebih singkat dimana hari-hari singkat.

Jika musim tidak berubah, maka umat Muslim yang tinggal di beberapa belahan dunia mungkin merasa bahwa mereka berada dalam posisi yang kurang menguntungkan sepanjang hidup mereka.

Dengan mengikuti kalender lunar, setiap muslim memiliki cita rasa puasa di musim yang berbeda dan untuk periode waktu yang berbeda, dalam rentang sekitar 33 tahun hidupnya.

Seperti apakah umat Islam mengikuti kalender lunar? CommentShareShare Mengapa Muslim mengikuti kalender lunar?

dikutip dari : https://www.linkedin.com/pulse/why-do-muslims-follow-lunar-calendar-shakeel-anwar-chaudhry?


0 komentar:

Post a Comment

Pages