Tanpa Larung Saji Festival Hajat Laut Pangandaran Kurang Lengkap

credit image by Genpi Jabar
Festival hajat laut pangandaran berlangsung meriah, dalam rangkaian festival tersebut diadakan beberapa acara pendukung , diantaranya adalah karnaval kebudayaan yang turut serta dihadiri oleh Bapak Bupati Pangandaran H.jeje Wiradinata. Pertunjukan seni wayang golek purwa giri komara dalang Apep S Hudaya Dari Bandung, festival layang-layang malam, pergelaran seni dan pesona purnama pesisir di lapangan ketapang doyong pantai timur pangandaran.

Sepanjang jalan kidang pananjung dan poros tengah jalan wisata pangandaran sampai sebagian jalan di pantai timur ditutup sementara untuk atraksi karnaval yang melibatkan sejumlah masyarakat dan pelaku kesenian. Ada perwakilan dari kesenian ronggeng gunung, kuda lumping, masyarakat adat, drum band, klub motor, anak sekolah , ibu-ibu pengajian, Ibu-Ibu PKK dan dinas terkait.

Acara festival hajat laut ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 21-23 september 2017 yang berlangsung di beberapa tempat di pantai wisata pangandaran.

Tapi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena dalam peringatan Hajat laut tahun ini bertepatan dengan tahun baru islam yaitu 1 Muharam 1439 Hijriah, acara larung sesaji yang biasa dilakukan dengan membawa kepala kerbau ke tengah laut, tahun ini tidak ada. sejumlah masyarakat menyayangkan dengan tidak adanya larung sesaji ini. Karena ritual tersebut merupakan tradisi yang sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat pangandaran. selain itu upacara larung sesaji merupakan daya tarik bagi wisatawan. Sebagai gantinya adalah tabur bunga yang dilakukan di pantai timur oleh bupati pangandaran.

Sejumlah ribuan Masyarakat memenuhi sepanjang pantai timur pangandaran, untuk menyaksikan prosesi tersebut, tidak ketinggalan juga perahu nelayan yang di hiasi ornament menambah semarak festival hajat laut.
credit image by genpi jabar

Wisatawan yang datangpun ada yang ikut naik perahu dan berlayar ke tengah laut untuk ikut dalam arak-arakan tersebut. kawasan wisata pangandaran memang terkenal dengan keindahan pantainya, apalagi dengan adanya festival hajat laut menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan yang datang.



0 komentar:

Post a Comment

Pages