Teknologi mempengaruhi Generasi ke Generasi, Baby Boomer, X dan Y juga Generasi Z

Dalam tahap era modern kehidupan manusia terjadi beberapa pergantian generasi, dan setiap generasi memiliki karakter masing-masing yang mencerminkan sifat dan pembawaan daripada generasi itu sendiri.

Generasi Baby Boomer.

Pada tahun 1946-1964, generasi yang lahir dalam kurun waktu tersebut, disebut generasi Baby Boomer. Generasi yang lahir setelah Perang Dunia II ini memiliki banyak saudara, akibat dari banyaknya pasangan yang berani untuk mempunyai banyak keturunan. Generasi yang adaptif, mudah menerima dan menyesuaikan diri dengan lingkungan atau orang baru. Mereka dianggap sebagai generasi yang memilki banyak pengalaman hidup. Mungkin karena peperangan dan tuntutan untuk mengalami bertahan hidup yang sangat keras generasi ini lebih bersifat pekerja keras.

Karakter generasi ini adalah sebagai berikut:

  • Lebih berpikiran terbuka dan jarang memiliki keinginan untuk membelot, mengikuti aturan.
  • Pekerja keras namun tetap memberikan kesempatan yang sama besarnya kepada kolega jika da peluang yang dapat di bagikan.
  • Lebih memilih menghindar dari konflik, sulit menerima suasana perubahan yang secara cepat dikantor.
  • Penuh kasih saying terhadap keluarga, terutama untuk anak-anaknya.
  • Generasi ini lebih senang memecahkan masalah dengan diskusi, lebih senang untuk menjawab pertanyaan di banding untuk menjelaskan suatu peristiwa secara terperinci


Sepertinya generasi ini adalah generasi bapak Kalian sebagai generasi x yang sudah beranak lagi dan memiliki generasi penerus yaitu generasi Y.


Generasi X, generasi yang lahir dalam rentang tahun 1965-1980

Tahun ini merupakan bertepatan dengan pertama kali dunia mengenal computer awal masa teknologi mulai diperkenalkan. Bebrapa diantaranya adalah personal computer, video games, tv kabel,dan internet.

Dimana penyimpanan data digital pada masa itu masih menggunakan floopy dics atau jaman dulu dikenal dengan disket yang kapasitasnya sangatlah kecil hanya beberapa Mb(mega byte) bahkan Kb (kilo byte). Generasi ini lebih suka dengan aliran music yang keras seperti Punk, metal, rock, dan mereka terkenal dengan generasi yang coba-coba.

Secara keseluruhan generasi ini adalah orang tua dari generasi Y dan memiliki karakter sebagai berikut:

  • Mampu beradaptasi dengan baik seperti generasi sebelumnya
  • Mampu menerima perubahan dengan baik banyak orang bilang jika generasi ini adalah genarsi tangguh dan tidak pantang menyerah.
  • Mandiri , loyal.
  • Mementingkan pencitraan dan ketenaran dan materi.
  • Pekerja keras dan ulet.
  • Kekurangan dari generasi ini adalah terlalu banyak menghitung kontribusi yang telah iya berikan kepada perusahaan terhadap hasil kerjanya.


Akan tetapi yidak semua generasi Y demikian ada sebagian juga yang sangat loyal seperti yang ada pada karakter diatas karena memang mereka tipe pekerja keras dan menghargai perubahan. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang lebih sedikit sulit untuk menerima perubahan yang terjadi.

Gnerasi Y, lahir dalam rentang tahun 1981-1994.

Penulis menyebutnya generasi peralihan teknologi, karena generasi yang lahir di waktu ini masih merasakan mainan tradisional dan juga meraka meraskaan perubahan tekonologi yang sangat cepat. Generasi ini cenderung disebut sebagai generasi millennial atau millennium. Ungkapan generasi Y mulai dipakai pada editorial Koran besar amerika serikat sekitar bulan agustus 1993. Generasi ini banyak menggunakan teknologi yang berkembang seperti pergantian surat menyurat sekarang beralih ke media surat internet yaitu Email, dan menggunakan social media seperti Facebook, Twitter, dan mereka sangat gemar memainkan Game online.

Walaupun mereka lahir pada abad teknologi, mereka masih merasakan abad lampau dengan teknologi yang belum sepenuhnya mengubah dunia seperti sekarang ini yang dialami generasi Z.

Bayangkan saja generasi z hampir tidak merasakan yang namanya permainan tradisonal yang dulu banyak dimainkan generasi sebelumnya antara X-Y.

Gambar Anak-anak bermain permainan tradisonal sumber gambar : http://gogel-sonay.blogspot.co.id

Generasi Y terkenal flexible dalam bekerja mereka susah diatur namun merek banyak membawa perubahan dalam paradigm bekerja. Mereka berpikir banyak hal yang dianggap sulit dapat dipecahkan secara cepat dan efisien. Generasi Y sangat menginginkan kecepatan ketepatan dan merea masih mau mencari jalan keluarnya.

Karakter Generasi Y

  • Pada setiap individu di generasi Y memiliki banyak perbedaan tergantung mereka dimana dibesarkan dan lingkungan mereka tinggal. Baik secara ekonomi dan pendidikan.
  • Pola komunikasi sangat terbuka di banding denga n generasi-generasi sebelumnya.
  • Pengguna aktif media sosial untuk berkomunkasi secara cepat dengan berbagai orang di belahan dunia. Generasi ini sangat terpengaruh dengan teknologi, namun masih memiliki karakter dari generasi sebelumnya yang bertanggung jawab.
  • Generasi yang berwawasn karena memiliki pandangan terbuka terhadap dunia luar, baik itu politik, ekonomi, sosial, budaya.
  • Rekatif terhadap perubahan yang terjadi di sekelilingnya
  • Memiliki perhatian yang lebih terhdap kekeyaan dan wealth.
  • Gemar melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru dan bertemu orang baru. Mereka tanpa canggung berkomunikasi secara aktif walaupun mereka baru bertemu.

Generasi Z

Generasi yang lahir dalam tahun 1995-2010, lebih dikenal dengan I Generation, Generasi Net atau Generasi Internet. Mereka memiliki kesamaan dengan generasi Y, tapi perbedaannya mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu kedalam sebuah aktivitasnya. Bekerja dengan mendengarkan music, sambil bernyanyi, browsing, menelpon, update status, membaca berita hampir dalam waktu yang bersamaan. Apapun yang mereka lakukan sangat berhubungan erat dengan dunia maya, mereka lebih senang menghabiskan waktunya memegang smartphone atau perangkat computer dengan melakukan interaksi dengan orang lain di manapun. 

Karena mereka terlahir di jaman teknologi yang sudah dapat dikatakan mumpuni. Secara tidak langsung mereka lebih senang berkomunikasi secara online dibandingkan face to face. Dan jika berkata akan lebih senang menunduk memperhatikan gadget miliknya namun pendengaran mereka mendengarkan dengan baik. Dan seperti mengabaikan tapi mereka memahaminya. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih banyak menggunkan komunikasi secara konvensional.

Foto anak kecil yang sudah kenal teknologi sumber gambar : https://mad.tv

Karakter Generasi Z

  • Generasi digital yang mahir dan gandrung dengan teknologi informasi dan berbagai aplikasi online yang bertebaran di dunia maya. Informasi kebutuhan mereka diakses melalui internet dan perangkat computer lainya yang sudah menjadi bagian dari aktivitasnya.
  • Lebih menyukai dan menggunakan komunkasi melalui palikasi social media, Facebook, Twitter, atau aplikasi pesan Instan lainya yang sekarang sudah banyak tersedia di internet. Dengan media sosial tersebut mereka sangat bebas mengekspresikan diri mereka masing masing. Mereka berpikir secara spontan dan aktif.
  • Sangat tolerasni terhdap perbedaan kultur dan sangat peduli terhadap lingkungan. Karena banyaknya informasi yang mereka dapatkan di internet sehingga membuat mereka banyak belajar.
  • Biasa melakukan aktivitas dalam waktu yang bersamaan, menulis sambil mendengarkan music, membaca sambil bernyanyi, menonton dan sambil memasak. Hal ini karena pengaruh teknologi yang menginginkan serba cepat dan praktis tidak berbelit-belit.
  • Kurang dalam komunkasi secara verbal, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mereka lebih senang berkomunikasi melalui jejarig sosial. Karena mereka bebas melakukan apapun dan berekspresi sesuai dengan keinginan mereka.

1 comment:

  1. Paling sebel kalo generasi y / milenial di cap buruk di mata masyarakat..
    pasti langsung sensi gw hahahahaha..
    sekalian tanya donk temans2, kira investasi untuk milenial ini cocok ga ya buat kita2 kaum milenial? (sorry link aktif, bukan endorse atau gimana, cuma nanya pendapatnya rekomen apa ga)
    jenis investasi untuk generasi milenial

    ReplyDelete

Pages