Ekonomi Digital dan Masa Depan Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)


Disaat masyarakat dituntut ikut dalam peran serta perubahan ekonomi, yang semakin kompleks, dan dihadapkan dengan persaingan dikawasan Masyarakat Ekonomi ASEAN, Pemerintah Justru masih Bergelut dengan Kebijakan dan Undang Undang yang carut-marut.

Inovasi dan kreatifitas para pencetus gagasan yang baru dan segar, di dunia bisnis dan usaha, banyak mengalami hambatan. dengan Kebijakan  yang masih kaku dan belum mengikuti perubahan jaman, yang semakin hari semakin tidak terduga.

contoh kasus, dimana kebijakan yang membingungkan masyarakat, akan keberadaan angkutan berbasis teknologi, Yakni pemerintah belum menemukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Sehingga  membuat sejumlah para pegiat usaha, yang mengutamakan inovasi terdepan untuk kelangsungan dan menunjang aktivitas masyarakat,  menemui kebuntuan. dimana aturan yang belum sepenuhnya di buat dan diberlakukan sebagaimana mestinya. Seharusnya pemerintah belajar dari perubahan jaman yang merupakan tuntutan dari kebutuhan akan persoalan yang kian komplek yang dihadapi bangsa ini.

Menteri komunikasi dan informatika Rudiantara mengatakan,  akan mengumkan solusi mengenai industry digital secepatnya. Pada prinsipnya solusi yang disiapkan tidak menghapus angkutan berbasis aplikasi sehingga pengguna yang selama ini menggantungkan pada angkutan itu tidak merasa kehilangan.

“Namun, merka perlu bergabung dalam sebuah wadah berbentuk koperasi untuk memudahkan pengelolaan. Persiapan pembentukan koperasi itu sudah dilakukan Kementerian  Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Pemerintah Provinsi DKI juga mendukung dengan regulasi yang dibutuhkan” kata Rudiantara di Kompleks Istana, Jakarta Rabu (16/3).(kompas 17/3/2016)

Diberitakan sebelumnya sejumlah supir angkutan umum mengadakan demo guna pemerintah memblokir angkutan berbasis aplikasi.

Sejauh ini dunia digital sudah semakin berkembang dan melingkupi segala aspek, berbagai aplikasi dan sejumlah teknlogi menjadikan perubahan pada budaya masyarkat yang memang menyukai perubahan dan hal hal yang baru.


Tidak hanya dalam basis angkutan umum aplikasi online, belanja menggunakan media digital yang dapat diakses dimanapun membuat orang lebih senang membeli kebutuhan akan dirinya melalui perangkat aplikasi di smartphone. Sebenarnya untuk menghadapi persoalan ini pemerintah harus lebih sensitive dan lebih banyak memberikan sosialisasi bagi masyarakatnya untuk lebih berinovasi lagi agar dapat bersaing dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Dibutuhkan penangan khusus untuk industry usaha kecil menengah baik di perkotaan atau di Daerah agar lebih sadar akan keberadaan internert dan digital untuk dimanfaat kan bagi kegiatan usaha mereka, agar masyarakat Indonesia tidak tertinggal jauh dari dan kalah saing dengan produk produk Negara lain yang lebih banyak memanfaatkan teknologi sebagai media promosi dan penjualanya.



Banyak kalangan pengusaha muda yang berpengalaman agar lebih peduli dengan sesama masyarakat Indonesia berbagi pengetahuan akan digital yang tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya keberadaan teknlogi dgital dan internet akan semakin berpengaruh terhadap ekonomi dan kesejahteraan masyarakat jika digunakan sebagaimana  mestinya.
dan Pemeritah memberikan dukungan sepenuhnya terhadap kreatifitas dan inovasi yang telah mereka tuangkan untuk kesejahteraan masyarakat. (cs)




0 komentar:

Post a Comment

Pages