Air Susu Ibu (ASI) Sembuhkan Infeksi Telinga

google docs

Penelitian tim university of texas medical branch (UMTB),Galveston, Texas, AS, Menemukan air susu ibu (ASI)  dapat menyembuhkan infeksi telinga yang biasa terjadi pada bayi yang berusia kurang dari satu tahun.

Air susu ibu (disingkat ASI) adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.
Peneletian itu melibatkan 367 bayi berusia dibawah satu bulan hingga satu tahun. Diketahui, jumlah bayi beusia tiga bulan yang terjangkit infeksi telinga turun dari 18% menjadi 6%. Jumlah bayi yang terinfeksi yang berusia enam bulan juga turun menjadi 23 % dari 39 %. Penurunan itupun terjadi pada bayi berusia satu tahun dari 62% menjadi 46%.

Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.
Peneliti utama Tasnee Chonmitree mengatakan demam, bakteri pada hidung ,dan kurangnya asupan ASI menjadi penyebab utama terjadinya infeksi telinga bayi. ASI memberikan antibody, termasuk immunoglobulin (IgA) yang memproteksi membrane lender dari infeksi. (Medical News Today/Aya/x-5).


Betapa pentingnya ASI untuk buah hati anda, sehingga program 2 tahun menyusui ternyata sangat baik dan besar manfaatnya untuk buat hati. Lebih dekat dengan buah hati dengan menyusui.

0 komentar:

Post a Comment

Pages