The data : strategy for future marketing

The data : strategy for future marketing


e-commerce adalah bentuk bisnis internet yang memiliki nilai perusahaan yang tinggi untuk setiap pelangganya, perdagangan di dalam dunia digital, termasuk pembayaran dan dan pembelian. Harga pelanggan dari perusahaan e-commerce misalnya, akan lebih tinggi dibandingkan dengan harga pelanggan perusahaan internet yang bentuknya komunitas. salah satu faktornya  adalah kemungkinan moneytizing perusahaan e-commerce yang relative tinggi dibanding perusahaan online atau bentuk omunitas.

Tetapi faktor lain yang tak kalah pentingnya adalah kualitas data yang  dihasilkan oleh perusahaan e-commerce. Data-data pelanggan e-commercelebih akurat dan lebih relevan. Data adalah uang dan masa depan sebuah perusahaan.

Perusahaan e-commerce akan mendapatkan identitas yang akurat sekaligus perilaku pembelianya. Big data yang dihasilkan e-commerce akhirnya benar benar sangat berguna. Big Data adalah sebuah teknologi baru di dunia teknologi informasi dimana memungkinan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dalam beragam bentuk/format, berjumlah besar dan pertambahan data yang sangat cepat.

Berbagai jenis data, mulai data yang berupa teks, gambar atau foto, video hingga bentuk data-data lainnya membanjiri sistem komputasi. Tentunya hal ini perlu jalan keluar. Dan Big Data adalah solusi yang kerap digaungkan beberapa waktu belakangan ini.

Sejatinya hingga saat ini belum ada definisi resmi dari istilah Big Data. Akan tetapi kemunculnya memang dianggap solusi dari fakta yang menunjukkan bahwa pertumbuhan data dari waktu ke waktu telah melampaui batas kemampuan media penyimpanan maupun system database yang ada saat ini.
Perusahaan pembelian online seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan blibli ,yang sudah memilki pelanggan diatas 1 juta lebih pada tahun 2015 , memiliki data yang dapat di analisis dengan ratusan pengukuran.

Mereka mengetahui persis apa yang menjadi kebutuhan pelangganya dan produk produk apa yang mereka butuhkan, juga memahami cara pembayaranya, sebagai preferensi mereka. Bila dilanjutkan dengan ratusan analisis akan menghasilkan informasi yang sangat penting dan sangat mahal untuk data dalam pengambilan keputusan sebuah perusahaan dalam membuat produk.

Sebuah perusahaan aplikasi online yang sedang marak digandrungi oleh masyarakat jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia adalah angkutan berbasis aplikasi online, semacam go-jek, grab-bike dan uber. Dimana perusahaan tersebut memilkik jumlah transaksi dengan jutaan pelanggan . itu semua adalah data yang dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan dengan mempelajari perilaku konsumen.

Perusahaan aplikasi online tersebut sangat beruntung dalam banyak hal, seperti big data adalah salah satu sumber informasi yang sangat mahal. Data tersebut dapat di peroleh dari kartu kredit untuk pembayaran jasa yang digunakan, atau no telephone, dan email merupakan data yang dapat diolah untuk kepentingan dimasa mendatang.

Akan tetapi akurasi data yang dihasilkan tergantung akan pengguna aplikasi online tersebut, apakah benar mereka penggunanya atau mereka hanya menumpang untuk menggunakan aplikasinya saja. Terlepas dari itu semua, data yang sudah didapatkan merupakan keuntungan besar bagi sebuah perusahaan.

Orientasi perusahaan.

Selain mendapatkan dengan penggunaan aplikasi, sebenarnya perusahaan berorientasi terhadapt data yang didapat. Perusahaan perusahaan besar sangat mengerti akan data yang mereka miliki adalah suatu sumber daya bagi perusahaanya untuk menentukan langkah pengambilan keputusan yang lebih bijak dengan data yang sudah didapat. 

0 komentar:

Post a Comment

Pages