Sejauh Mana Perkembangan MEA di Indonesia?



Lebih dari satu dekade lalu, para pemimpin Asean sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 mendatang. Atau yang lebih dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean. Pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Tahun 2016 sudah berjalan MEA, dan masih dalam tahap awal perkembangan menuju kawasan ekonomi asean, perlu  dicermati, bahwa tidak hanya Indonesia saja yang mengalami kekhawatiran akan adanya MEA. sejumlah Negara juga mengalami nya, tantangan persaingan akan tenaga kerja menjadi kekhawatiran utama  masing-masing Negara. Dapatkah  bersaing dalam MEA ?. sebenarnya Indonesia memiliki banyak tantangan juga keuntungan dengan adanya MEA, banyak tenaga ahli dari Indonesia yang dapat lebih tertantang lagi dalam persaingan global untuk mengembangkan usahanya di pasar ASEAN . produk-produk  dari negeri kita tidak kalah bagusnya dari Negara asean. Indonesia dinilai paling siap dalam menghadapi MEA, industry kreatif kita sudah terkenal akan kualitas yang bagus dan mampu menembus pasar international.

Dibentuknya MEA adalah, agar daya saing Asean meningkat serta bisa menyaingi Cina dan India, untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kawasan.
Dimana kah posisi Indonesia dalam  Negara kawasan?.

Indonesia sebenarnya berada dalam posisi yang memberikan peluang besar ,dalam terbentuknya Negara Kaswasan, Sumber Daya Manusia yang banyak, Sumber Daya Alam yang berlimpah dengan curah hujan tinggi dan tanah yang subur  serta perairan laut Indonesia yang kaya akan sumberdaya lautnya, menjadikan Indonesia menjadi tujuan utama dalam berinvestasi dan target pasar. Potensi ini harus dikelola secara maksimal oleh Indonesia agar kita tidak menjadi target pasar saja tapi sebagai produsen utama dan pengendali Negara kawasan.

Masyarakat Ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya.

Selain itu perkembangan akan dunia digital sangat mempengaruhi  pola kehidupan masyarakat global yang secara tidak langsung memberikan arus informasi yang sangat cepat diseluruh dunia yang dapat diakses mudah. Orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, baik dalam mencari pekerjaan dan produk tertentu yang diperjual belikan, produk itu harus dapat bersaing secara layak di perdagangan bebas ini, karena tingkat penyeleksian akan barang kebutuhan sangat ketat oleh konsumen.

Masyarakat Indonesia perlu banyak belajar mengenai perubahan ini, sehingga dalam persaingan antara masyarakat kawasan Asean indoensia tidak hanya sebagai konsumen yang sangat berharga, tapi sebagai produsen akan barang dan jasa yang  akan bersaing. Secara bertahap pekerja dari Negara asean sudah banyak yang mengisi posisi strategis kerja di perusahaan di Indonesia .

 Usaha kreatif dan ide segar sangat dibutuhkan  dalam menghadapi perekonomian yang tidak bisa diprediksi secara langsung , perubahan yang sangat cepat karena pengaruh media, memungkinkan   pasar  yang berubah dalam waktu sekejap sesuai tren yang berlaku.

Pembatasan dalam sektor tenaga kerja profesional, didorong untuk dihapuskan, Sehingga pada intinya, MEA akan lebih membuka peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia yang tertutup atau minim tenaga asingnya, Sejumlah pimpinan asosiasi profesi mengaku cukup optimistis bahwa tenaga kerja ahli di Indonesia cukup mampu bersaing.

Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar.

Selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, skema ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara. 

0 komentar:

Post a Comment

Pages