APLIKASI PESAN INSTAN KARYA ANAK BANGSA. Tili, Catfiz, Telegram

tampilan aplikasi chat Tili

Dalam kurun waktu satu decade terakhir, trend berkirim pesan menggunakan Short message service atau yang lebih popular disebut sms kian menghilang dari pasaran. Gantinya mulai hadir berbagai jenis aplikasi pesan singkat yang didukung oleh internet. Jika dibandingkan dengan sms  yang dibatasi oleh karakter, aplikasi pesan instan ini memiliki banyak keunggulan yang membuat penggunanya betah berlama lama memandangi layar ponsel dan selalu penasaran dengan aktivitas yang terjadi di dalamnya.

Dalam aplikasi tersebut pengguna dapat berbagi foto video dan share location, Beberapa aplikasi pesan instan seperti BBM, WhatsApp, KakaoTalk, Line dan banyak lagi.
Aplikasi pesan instan kian menjamur dan banyak sekali macamnya, namun itu menjadi peluang sekaligus tantangan bagi anak muda untuk menciptakan ide baru yang segar dan juga unik, sehingga mampu menarik masyarakat untuk memakai layanan tersebut. perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang mendorong vendor mengeluarkan aplikasi terbaru.


Catfiz.


Namanya lebih mirip nama ikan berkumis atau lebih dikenal dengan ikan lele. Namun ini merupakan aplikasi karya anak bangsa yang lolos dan mendapat dukungan dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi seluruh Indonesia (ATSI)

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang berbeda dengan aplikasi pesan instan lainya seperti BBM WhatsApp. Fitur pertama dari sisi log-in, bebeda Catfiz lebih rumit. Pasalnya, pengguna harus menggunakan email saat Log-in.

Disamping itu, aplikasi ini memiliki Fitur PIN seberti BBM dengan nama, nomor dan kombinasi Huruf, sebagai identifikasi pengguna Catfiz. Walaupun terlihat rumit sebenarnya aplikasi ini bertujuan agar penggunanya lebih aman dengan data pribadinya. Untuk menjauhi beberapa kontak pengganggu, Catfiz memiliki dua Opsi yakni Block atau Unfriend. Block untuk pengguna iseng tidak dapat mengirim pesan dan Unshare akan mengahpus data pertemanan.

Fitur ini memang banyak ditemui di aplikasi pesan instan lainya, tapi pengguna jail dan iseng tetap bisa mengganggu melalui nomor yang digunakan WhatsApp, sehingga masih dapat di chat dengan nomor yang berbeda. Hal tersebut berbeda pada catfiz Karen tidak menggunakan nomor telephone.
Fitur Catfiz mengadopsi fitur facebook, pengguna bisa mepublikasi status dan pengguna ain yang terdaftar dapat memberikan komentar sekilas aplikasi ini mirip path BBM dan Whatsapp memadukan ketiga unsur tersebut dalam satu Aplikasi.

Pengiriman dokumen pada Catfiz dapat dalam format apapun, walau data yang di kirimkan tidak tersedia dalam aplikasi mobil, mengadopsi cara kerja email, ketika melampirkan file.
Fitur could storage aplikasi Catfiz memiliki fitur FizzLink yakni could storage bawaan aplikasi 500mb
Aplikasi Catfiz menampung 2000 user dalam satu grup chat,grup ini mirip grup whatsapp sebagai alat komunikasi antar rekan kantor keluarga atau teman. Rata-rata grup chat 50-100 user. Namun di aplikasi Catfiz bisa sampai 2000 user.

TELEGRAM


Namanya seperti pengiriman pesan yang popular tahun 90-an, sekilas memang tidak jauh berbeda dengan pesan instan lainya. Perbedaan dalam aplikasi Telegram adalah terintregrasinya dengan kontak telpon di ponsel anda, dan perbedaan lainya pada saat pengiriman emoticon. Pengguna dapat mengirim dalam format @gif seperti dalam aplikasi line format gambar bergerak. Format ini dapat mengirimkan link Wikipedia. Pengguna tinggal menyertakan @wiki dan diikuti materi yang akan di cari.
tampilan layar chat Telegram
Telegram




TILI


Merupakan aplikasi chat seperti line dengan karakter, akan tetapi tili berusaha membedakan aplikasi chatnya, stiker stiker yang ada pada tili lebih mencerminkan Indonesia, dan lebih ekspresif. Selain itu wallpaper pada aplikasi chat ini sangat unik, untuk mendaftar Tili sama seperti whatsApp menggunakan no telephone dan email. Aplikasi chat Tili lebih mengutamakan menggunakan stiker yang unik dan lucu dan kita bisa membuat karakter sendiri di aplikasi ini..

stiker Tili


stiker Tili 

0 komentar:

Post a Comment

Pages