Terracering Weringis Rice Fields Pangandaran, Bukan Bali Atau Ubud.

Weringis Rice Fields Pangandaran

Di balik bukit-bukit hijau yang tinggi di sekeliling pangandaran ternyata menyimpan banyak  sekali keindahan yang masih asri dan belum banyak diketahui oleh masyarakat luar ataupun masyarakat pangandaran sendiri.

Banyak sekali potensi wisata yang dapat dikembangkan menjadi wisata unggulan pangandaran selain pantai dan lautnya.

Baru- baru ini dari tim ngeteng.id menjelajah pangandaran sekitar wilayah putrapinggan, yang memang notabenennya merupakan kontur perbukitan kapur dengan hutan-hutan rakyat dan hutan pemerintah. 

Kami menemukan perbukitan hijau yang tidak pernah kami duga sebelumnya, disana terdapat sawah terasering yang sangat indah dengan pepohonan kelapa menjadi latar belakang yang memanjakan mata, sawah berundak di lereng-lereng bukit seperti di ubud bali ternyata ada juga di pangandaran, bagi yang pernah ke ubud Bali atau Tegal Alang , mungkin akan dapat mengatakan sama-sama indahnya pesawahan terasering di perbukitan hijau.

Namun bagi yang belum pernah ke Bali atau Ubud mungkin wisata sawah terasering di pangandaran dapat menjadi alternative yang dapat mengobati keinginan untuk berlibur ke bali, karena keindahan sawah terasering ini juga tidak kalah cantiknya.

Berada di wilayah pangonan Putrapinggan, Pangandaran. Pesawahan tersebut dikenal dengan pesawahan pangonan tapi tim kami lebih tertarik dengan nama Weringis Rice Fields.

Weringis Terrecering RiceFileds Pangandaran


Bayangkan saja sawah di lereng perbukitan hijau, berjajar rapih dengan padi yang mulai menguning, serta mata air yang mangalir jernih, suara kicauan burung liar menemani setiap saat, membuat mata sejuk dan pikiran jernih.

Kami menyebutnya Pangandaran rasa Ubud, tidak berlebihan tentunya Weringis Rice Fields Rasa ubud, karena sawah terasering disini memliki keunikan sendiri, berada di antara lembah hijau dan perbukitan yang tumbuh subur dengan berbagai pepohonan, mengingatkan kita film Eat Pray Love, yang dibintangi Julia Roberts. Bedanya disini adalah terdapat Air terjun setinggi 25 meter yang berada diantara lembah pesawahan Weringis Rice Fields.


Air terjun weringis Diantara sawah terasering weringis

Sebagian masyarakat memanfaatkan irigasri dari mata air sekitar perbukitan untuk mengairi pesawahan terasering tersebut. Weringis Rice Fields jika dikembangkan menjadi objek wisata tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin datang kepangandaran, karena selain pantai yang indah pangandaran memiliki berbagai wisata yang mengagumkan, ada green canyon, citumang, batu hiu, santirah, jojogan, dan pantai mada sari.

Untuk mencapai kawasan pesawahan terasering ini wisatawan dapat menuju desa putrapinggan dan menyusuri jalan berbukit dengan kondisi jalan lumayan cukup baik dilalui kendaraan roda dua. Roda empat jenis hardtop sepertinya yang paling direkomendasikan untuk digunakan karena medan yang naik turun kendaraan jenis city car tidak di rekomendasikan.

Dari jalan raya sampai ke pesawahan terasering tersebut sekitar 7-8 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. 

Sepanjang perjalanan wisawatan akan disajikan dengan pemandangan perkebunan cengkeh dan perkebunan kelapa milik warga, walaupun berada diperbukitan namun kondisi perairan disana sangat bagus karena hutan di kawasan tersebut masih terjaga dan dilindungi.


Lembah lembah hijau yang terhampar luas memanjakan mata setiap wisawatan yang berkunjung kesana, ada beberapa bukit yang tinggi dan dari bukit tersebut dapat melihat samudra hindia dari ketinggian.

BACA JUGA :


0 komentar:

Post a Comment

Pages