MENGEJAR SENJA DAN BERSANTAI DI PANTAI KARAPYAK PANGANDARAN

Pantai karapyak Pangandaran

Pantai yang berada di wilayah desa Bagolo, kecamatan Kalipucang, kabupaten Pangandaran . selain memiliki pasir putih juga memiliki jenis pantai yang dapat dikatakan unik dengan pemandangan yang indah. Dari pantai karapyak, wisatawan dapat menikmati senja yang indah dan tenggelam perlahan di balik pulau cagar alam pangandaran dan kota wisata pangandaran disebelah barat dan wisatawan juga dapat menikmati pulau nusa kambangan yang sangat terkenal dengan penjaranya dari  pantai ini.

Pantai dengan pasir putih sepanjang pantai sejauh 2 km dan terumbu karang laut yang memecah ombak samudra hindia.

Pantai dengan jajaran pohon ketapang dan kelapa dan pemandangan bukit hijau tepi pantai membuat suasana pantai karapyak pangandaran sangat teduh dan cocok untuk berlibur bersama keluarga. Pantai ini disebut karapyak berasal dari bunyi bebatuan dan pasir pantai yang tersapu ombak dan berbunyi “pyak,Pyak,Pyak” sehingga masyarakat sekitar menyebutnya pantai karapyak.

Pantai Karapyak dengan pepohonan yang tumbuh sepanjang pantai.

Untuk menuju lokasi wisata pantai karapyak, wisatawan dari arah bandung dapat langsung mengambil jalur ke kiri arah desa bagolo dengan melihat papan petunjuk jalan yang sudah lengkap. Jarak dari pintu masuk jalan raya pangandaran-banjar menuju pantai karapyak kurang lebih sekitar  5 km atau jarak tempuh antara 20-30 menit.

Jalur menuju pantai karapyak sudah sangat baik, jalanan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain jalan yang sudah bagus di pantai karapyak juga sudah tersedia fasilitas penginapan dengan harga yang cukup terjangkau, juga warung warga yang menyediakan makanan dan minuman.

Sejak terjadi bencana tsunami pangandaran kondisi pantai karapyak sedikit tidak terawat banyak bangunan public yang hancur karena hantaman tsunami.

Namun saat ini pantai karapyak sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan, jalan aspal yang mulus dan beberapa penginapan sudah dibangun dengan berbagai macam fasilitasnya. Dan beberapa hotel bintang tiga akan segera dibangun disana untuk menunjang pariwisata pantai karapyak.

Pantai karapyak saat ini sudah dikelola oleh pemerintah daerah kabupaten Pangandaran dan sedang dibenahi agar wisatawan yang datang berkunjung kepantai Karapyak semakin nyaman dan aman. Biaya masuk kawasan pantai karapyak untuk mobil sekitar -+ Rp 27.000_ dan motor -+ 10.000 yang di bayar saat memasuki pintu masuk wisata.

Sekedar informasi jika pantai karapyak bukan pantai yang cocok untuk berenang karena ombaknya yang cukup besar karena langsung berhadapan langsung dengan samudra hindia, membuat pantai ini curam. Namun wisatwan masih dapat menikmati pantai ini dan bermain iar untuk melihat lihat terumbu karang pada saat air laut surut.

Pantai Karapyak, terlihat karang laut yang mulai terlihat saat air laut surut.

Karena sepanjang pantai ini merupakan terumbu karang pasang surut, di sana pengunjung dapat menangkap ikan kecil dan mengamati jenis rumput laut yang dapat dilihat dengan mata telanjang karena saat air surut  permukaan karang akan muncul ke permukaan.

Beberapa mahasiswa dari kampus di Jawa Barat kadang melakukan penelitian di pantai karapyak untuk tugas kuliah, karena biota laut di pantai ini lumayan beragam walaupun tidak sebanyak di perairan Indonesia lainya.

Biasanya pantai karapyak akan ramai didatangi wisatwan pada saat akhir pekan, lebaran, tahun baru atau saat libur panjang. Pantai ini dipenuhi oleh wisatwan dari berbagai kota baik dari jawa tengah maupun dari Jawa Barat. Kadang beberapa wisatawan dari mancanegara pun datang kepantai ini untuk menikmati suasananya yang tenang dan asri, sangat cocok untuk menenangkan diri dari penat dan kesibukan kota.

BACA JUGA :






0 komentar:

Post a Comment

Pages