The data : strategy for future marketing
e-commerce adalah bentuk bisnis internet
yang memiliki nilai perusahaan yang tinggi untuk setiap pelangganya,
perdagangan di dalam dunia digital, termasuk pembayaran dan dan pembelian.
Harga pelanggan dari perusahaan e-commerce
misalnya, akan lebih tinggi dibandingkan dengan harga pelanggan perusahaan
internet yang bentuknya komunitas. salah satu faktornya adalah kemungkinan moneytizing perusahaan e-commerce yang relative tinggi dibanding
perusahaan online atau bentuk omunitas.
Tetapi faktor
lain yang tak kalah pentingnya adalah kualitas data yang dihasilkan oleh perusahaan e-commerce.
Data-data pelanggan e-commercelebih akurat dan lebih relevan. Data adalah uang
dan masa depan sebuah perusahaan.
Perusahaan
e-commerce akan mendapatkan identitas yang akurat sekaligus perilaku
pembelianya. Big data yang dihasilkan e-commerce akhirnya benar benar sangat
berguna. Big Data adalah sebuah teknologi baru di
dunia teknologi informasi dimana memungkinan proses pengolahan, penyimpanan dan
analisis data dalam beragam bentuk/format, berjumlah besar dan
pertambahan data yang sangat cepat.
Berbagai jenis data, mulai data yang berupa teks,
gambar atau foto, video hingga bentuk data-data lainnya membanjiri sistem
komputasi. Tentunya hal ini perlu jalan keluar. Dan Big Data adalah solusi yang
kerap digaungkan beberapa waktu belakangan ini.
Sejatinya hingga saat ini belum ada definisi resmi
dari istilah Big Data. Akan tetapi kemunculnya memang dianggap solusi dari
fakta yang menunjukkan bahwa pertumbuhan data dari waktu ke waktu telah
melampaui batas kemampuan media penyimpanan maupun system database yang ada saat ini.
Perusahaan
pembelian online seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan
blibli ,yang sudah memilki pelanggan diatas 1 juta lebih pada tahun 2015 , memiliki
data yang dapat di analisis dengan ratusan pengukuran.
Mereka
mengetahui persis apa yang menjadi kebutuhan pelangganya dan produk produk apa
yang mereka butuhkan, juga memahami cara pembayaranya, sebagai preferensi
mereka. Bila dilanjutkan dengan ratusan analisis akan menghasilkan informasi
yang sangat penting dan sangat mahal untuk data dalam pengambilan keputusan
sebuah perusahaan dalam membuat produk.
Sebuah
perusahaan aplikasi online yang sedang marak digandrungi oleh masyarakat
jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia adalah angkutan berbasis aplikasi
online, semacam go-jek, grab-bike dan uber. Dimana perusahaan tersebut memilkik
jumlah transaksi dengan jutaan pelanggan . itu semua adalah data yang dapat
dijadikan bahan pertimbangan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan dengan
mempelajari perilaku konsumen.
Perusahaan
aplikasi online tersebut sangat beruntung dalam banyak hal, seperti big data
adalah salah satu sumber informasi yang sangat mahal. Data tersebut dapat di
peroleh dari kartu kredit untuk pembayaran jasa yang digunakan, atau no
telephone, dan email merupakan data yang dapat diolah untuk kepentingan dimasa
mendatang.
Akan tetapi
akurasi data yang dihasilkan tergantung akan pengguna aplikasi online tersebut,
apakah benar mereka penggunanya atau mereka hanya menumpang untuk menggunakan
aplikasinya saja. Terlepas dari itu semua, data yang sudah didapatkan merupakan
keuntungan besar bagi sebuah perusahaan.
Orientasi
perusahaan.
Selain
mendapatkan dengan penggunaan aplikasi, sebenarnya perusahaan berorientasi
terhadapt data yang didapat. Perusahaan perusahaan besar sangat mengerti akan
data yang mereka miliki adalah suatu sumber daya bagi perusahaanya untuk
menentukan langkah pengambilan keputusan yang lebih bijak dengan data yang
sudah didapat.
0 komentar:
Post a Comment